Selasa, 18 Juni 2013

bola-bola daging teriyaki



hidangan ini cocok banget untuk dimakan si dedek. karena bola-bola dagingnya lembut dan enggak sulit dikunyah. kita akan memulainya dengan membikin bola-bola daging. 

saya menyiapkan 350gram daging giling, 1 butir telur, 1 sdt minyak wijen, 2 siung bawang putih ulek, garam dan gula pasir. saya aduk jadi satu hingga tercampur rata. kemudian saya letakkan di kulkas sebentar supaya dingin dan nantinya ketika akan direbus jadi lebih mudah di sendoki.

saya didihkan 1 liter air dengan 1 sachet kaldu ayam bubuk, 2 batang daun seledri dan daun bawang yang diikat, garam dan gula pasir secukupnya. setelah mendidih saya masukkan sesendok demi sesendok adonan ayam giling (saya gunakan sendok teh) hingga adonan habis. biarkan mendidih dan mengapung. kurang lebih 20menit. kemudian angkat bola-bola ayamnya dan tiriskan. saring kaldunya.

nantinya air perebus bola-bola daging bisa disimpan untuk membuat panganan lain yang memerlukan kaldu. atau langsung digunakan untuk membuat tempura sayuran. asik kan, sekali bekerja dapat 2 macam makanan. sayuran yang bisa dibikin tempura pun beragam, mulai dari yang murah sampai tak terlalu murah. tempura terong, jamur tiram, dan brokoli cocok sekali untuk dijadikan tempura sebagai teman makan bola daging teriyaki. untuk resep tempura menyusul ya.. sekarang kita buat dulu tumisan teriyaki.



enggak susah buat tumisan teriyaki, kita bikin saja yang sederhana dengan saos yang banyak dijual di pasaran indonesia dengan harga terjangkau. kali ini saya menyertakan sosis goreng supaya makin semarak isi tumisan teriyaki buat si dedek. goreng sosisnya lebih dulu ya, sisihkan sebentar.

saya menumis rajangan 1 buah bawang bombay dalam 2 sdm margarine. bersamaan dengan itu masuk ulekan jahe, bawang putih, dan lada. beri garam dan gula pasir. kepyur dengan air supaya bumbu tak gosong. untuk mengupas kulit jahe supaya tak banyak terbuang, dikerik saja dengan punggung sendok sehingga banyak jahe yang terselamatkan ketimbang harus mengupasnya dengan pisau.

tingkat krenyes bawang bombay suka-suka, tapi karena ini untuk dedek yang pasti akan nangis kalau makan bawang bombay runyah-runyah yang masih pedas, ada baiknya dibikin layu saja, malah enak rasanya karena bawang bombay sendiri dominan manis, rasanya sungguh karamel banget.

setelah agak layu masukkan bola-bola daging giling dan gorengan sosis. tuang saus teriyaki, aduk-aduk dan kepyur dengan air sedikit. masak hingga bumbu meresap. siap disajikan dengan nasi hangat dan tempura sayuran..

hmm.. enaaakk...  

please give it a try..

until then berkah dalem .. dan terus eksplorasi sama makananmu.. temuin asiknya duplikasi makanan dan nemuin resep baru yang lebih seru buat seleramu  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar